Tugas Manajemen Proyek TI yang meminta mahasiswa untuk mengirimkan email pada saya sebenarnya tidak sekedar untuk berisi tentang sebaris perintah. Pada pertemuan minggu lalu, mahasiswa telah mendapatkan materi tentang “Komunikasi Yang Efektif”. Saya berharap lebih agar mahasiswa bisa mempraktekkan apa yang didapatkan pada mata kuliah tersebut. Berkomunikasi dengan baik adalah ciri khas seorang pemimpin yang baik, dan itu merupakan tujuan dari mata kuliah yang saya ampu yakni menghasilkan para Manajer Proyek yang berkualitas yang menguasai 9 area dalam Manajemen Proyek TI.

Beberapa dari mahasiswa mengirimkan email dengan isi : “tugas saya apa pak?”, “tugas apa ya?”, dan sejenisnya dengan kalimat yang singkat, bahkan ada yang lebih ekstrim menggunakan kalimat “tugasx apa ya?” ..  Kalimat seperti di atas kedengarannya kurang baik jika mengacu pada mata kuliah tentang Komunikasi yang telah diajarkan di kelas.

Di satu sisi, saya senang mahasiswa mengirimkan email pada saya secepatnya, artinya mahasiswa memahami bahwa tugas dan tanggung jawab dari saya harus dilakukan. Namun, tidak hanya mengirimkan, tetapi bagaimana sikap dari mahasiswa setelah mengirim tugas untuk meminta email. SABAR, ya.., kesabaran adalah kunci keberhasilan sebuah proyek, karena dengan sikap terburu-buru akan membuat sebuah proyek akan berantakan. Ada beberapa mahasiswa yang tidak sabar dan bahkan memposting tulisan ke Facebook dan bahkan dengan ekstrim memplesetkan nama saya. Beberapa rekannya yang lain juga memberikan respon dan bahkan ada yang memberikan pernyataan untuk memberikan gelar pada saya. Sungguh sebuah pemandangan yang menyedihkan, ketika kesabaran dan sikap rendah hati tidak diterapkan dalam kehidupan ini.

Kuliah itu tidak sekedar mengerjakan tugas dan berhasil menyelesaikannya, tetapi lebih kepada bagaimana sikap dalam perkuliahan. Dalam dunia kerja, orang-orang yang mengerti banyak hal tetapi tidak mampu berkomunikasi serta tidak memiliki sifat yang baik akan tersingkir dengan sendirinya meskipun mereka memiliki intelegensi di atas rata-rata. Jadi, selain memiliki kepintaran, Anda juga dituntut memiliki sikap dan komunikasi yang baik untuk menjadi pribadi yang baik juga.

Saya memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang menggunakan kalimat yang baik dalam meminta tugas. Kalimat yang yang singkat tapi sopan diperlihatkan oleh salah seorang rekan Anda, Falenthinus Rante yang berisi :

” Selamat Sore, saya ingin bertanya tentang tugas saya apa ya pak? Terima Kasih”.

Ada juga email dari Adiwidya Nabawi yang berisi :

Selamat Pagi Pak?
Saya Adiwidya Nabawi, nim 09220022
Saya mau meminta tugas mata kuliah Manajemen Proyek TI

Terimakasih

Meskipun singkat, tetapi mereka sudah menggunakan menerapkan komunikasi yang baik sehingga mampu menyampaikan sesuatu dengan baik dan benar.

Saya berharap supaya mahasiswa di FST UNRIYO memiliki tingkat pengetahuan yang memadai plus sikap dan komunikasi yang baik terhadap sesuatu. Teruskanlah untuk belajar, karena belajar adalah proses yang kita jalani dalam rangka memanfaatkan kerja pikir, hati, dan tenaga agar agar diperoleh perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif, afektif dan psikomotor. Marilah merubah sikap yang hanya datang ke kampus, duduk, mendengarkan dosen dan kemudian pulang tanpa membawa apapun ke kost atau ke rumah. Ada ungkapan yaitu “masuk telinga kiri keluar telinga kanan”, artinya apa yang didengarkan di kelas akan hilang begitu saja ketika kaki meninggalkan pintu kelas.

Rekan-rekan mahasiswa, renungkanlah, bahwa masih ada orang tua, kakak, saudara, istri, adek dan orang-orang terdekat dengan Anda yang berharap suatu hari kelak Anda menjadi pribadi yang hebat, artinya lulus tepat waktu, bekerja di tempat yang bagus dan memiliki sikap yang bagus juga.

Selamat berkarya dan teruslah berubah di hidup ini.

Terima kasih.